Minggu, 02 April 2017

format PENGAWASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ( KUNJUNGAN KELAS )

KOP MADRASAH/SEKOLAH

PENGAWASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
( KUNJUNGAN KELAS )

Satuan Pendidikan          : …………..………..………..………..………..………..…..………..…..………..………..
Nama Guru/NIP             : ………..………..………..………..………..…/………...…………………..………..……
Mata Pelajaran              : ……………………………., Jumlah JTM/Mgg :…..………..….
Kelas / Semester            : ………..………..………..…/……..………..……………….…………..……
Hari/Tanggal/Jam ke    : ………..………..….………..………/..………..…………….……/...………..………..…
Topik / Tema                : …………………………………………………………………………………………………………………..
Jumlah Siswa                 : ……………Orang, ( Hadir  : ………… Orang ), ( TidakHadir : ……….Orang ).
No.
Sub Komponen & ButirKomponen
Kondisi
Skor Perolehan

Keterangan Kesesuaian
ada
tidak
4
3
2
1

1.
KEGIATAN PENDAHULUAN








a.   Menyiapkan peserta didik






4 = BaikSekali

b.   Melakukan apersepsi






3 = Baik

c.   Menjelaskan KD & tujuan yang ingin dicapai






2 = Cukup

d.   Menyampaikan cakupan materi&penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar






1 = Kurang

e.   Penampilan guru







2.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN








A.    Eksplorasi








1.   Melibatkansiswadalammencariinformasidanbelajardarianekasumberdenganmenerapkanprinsipalamtakambangsebagai guru








2.   Menggunakanberbagaipendekatanpembelajaran
Media pembelajaran&sumberbelajarlainnya








3.   Memfasilitasiterjadinyainteraksiantarsiswa,
Antarsiswadenganguru,lingkungan&sumber lain








4.   Melibatkansiswasecaraaktifdalamberbagaikegiatanpembelajaran








5.   Memfasilitasisiswamelakukanpercobaan di labo-ratorium, studio ataulapangan








B.    Elaborasi








1.   Membiasakansiswamembaca&menulis yang be-ragammelalui tugas2tertentu yang bermakna








2.   Memfasilitasisiswamelaluipemberiantugas,dis- kusidlluntukmemunculkangagasanbarubaiksecaralisanmaupuntertulis








3.   Memberikesempatanuntukberfikir,menganalisis,
menyelesaikanmasalah&bertindaktanpaada rasa takut








4.   Memfasilitasisiswadalampembelajarankoopera-tif&kolaboratif








5.   Memfasilitasisiswaberkompetisisecarasehatuntukmeningkatkanprestasibelajar








6.   Memfasilitasisiswamembuatlaporaneksplorasi
     yang dilakukanbaiklisanmaupuntertulissecara individual ataukelompok








7.   Memfasilitasisiswauntukmenyajikanhasilkerjasecara individual maupunkelompok








8.   Memfasilitasisiswauntukmenyajikanpameran, turnamen, festival sertaproduk yang dihasilkan








9.   Memfasilitasisiswamelakukankegiatan yang menumbuhkankebanggaan& rasapercayadiri.











No.
Sub Komponen&ButirKomponen
Kondisi
SkorPerolehan

KeteranganKesesuaian
ada
tidak
4
3
2
1


C.    Konfirmasi








1.   Memberikanumpanbalikpositif&penguatandalambentuklisan,tulisan,isyarat, maupunhadiahterhadapkeberhasilansiswa.








2.   Memberikankonfirmasiterhadaphasileksplorasi&elaborasisiswamelaluiberbagaisumber








3.   Memfasilitasisiswamelakukanrefleksiuntukmemperolehpengalamanbelajar yang telahdilakukan







4.   Berfungsisebagainarasumber&fasilitatordalammenjawabpertanyaansiswa yang menghadapikesulitan







5.   Membantumenyelesaikanmasalahsiswadalammelakukanpengecekanhasileksplorasi








6.   Memberikanmotivasikepadasiswa yang kurangaktifdanmemberikaninformasiuntukbereksplo-rasilebihjauh







3.
PENUTUP








a.   Membuatrangkuman/simpulan








b.   Melakukanpenilaiandanataurefleksiterhadapkegiatanpembelajaran yang sudahdilakukan








c.   Memberikanumpanbalikterhadap proses hasilpembelajaran








d.   Memberitugasterstruktur&kegiatanmandiritidakterstruktur








e.   Menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya







JumlahSkorPerolehan





T O T A L  SkorPerolehan


SkorMaksimal  ( Jumlah Sub Komponen X 4 )
120



…………………/………….…

                                                                       

Keterangan  :
        NilaiAkhir  = NA  =   

Ketercapaian : 86% - 100% = Amat Baik
                      70% -  85%  = Baik
                      55% -  69%  = Cukup
                            <  55%  = Kurang



……………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

TindakLanjut  :





                                                                                
                                                                                  ..................................................
Pengawas,




..........................................
NIP.
Guru Mata Pelajaran,




..........................................
NIP.

dari pada repot2 ngopy dan hasilnya nggak muasin dan masih edit sana sini mending download aja disini

.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROGRAM EVALUASI KEPALA MI

hari ini akan saya bagikan  PR OGRAM EVALUASI KEPALA MI untuk membantu kepala Madrasah Ibtidaiyah untuk membuat 1.  RENCANA  PROGRAM EVALU...