Minggu, 02 April 2017

contoh INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Kop Sekolah

INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

1.    Nama Madrasah     :         .................................................
2.    Nama Guru              :    .................................................
3.    Mapel                       :         .................................................
4.    Kelas/Smt                 :    .................................................
5.    Tahun Pelajaran      :    .................................................

  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.



2
Mengajukan pertanyaan menantang.



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.



Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan



 1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.



 2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan Materi Pelajaran



 1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



 2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



 3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



 4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik



 1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



 2
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.



 3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



 4
Menguasai kelas.



 5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



 6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



 7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Penerapan Pendekatan scientific



 1
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



 2
Memancing peserta didik untuk  bertanya.



 3
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.



 4
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.



 5
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.



6
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).



7
 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.



Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu



1
Menyajikan pembelajaran sesuai tema.
-
-
-
2
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai mata pelajaran dalam satu PBM meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.
-
-
-
3
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.
-
-
-
4
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.
-
-
-
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran



 1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



 2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



 3
Menghasilkan pesan yang menarik.



 4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



 5
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



 Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran



 1
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



 2
Merespon positif partisipasi peserta didik.



 3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.



 4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



 5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.



Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran



 1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



 2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



Kegiatan Penutup 
Penutup pembelajaran 



 1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



 2
Memberihan tes lisan atau tulisan .



3
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.



 4
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.



Jumlah

-




Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100% =
..............
X 100%
= .........=............
40
40
....

PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Baik             (B)
80 < B ≤ 90
Cukup         (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang       (K)
≤ 70



Kepala  Madrasah



........................................
NIP.................................
Guru Mata Pelajaran



.......................................
NIP................................


Pengawas  Madrasah



........................................
NIP.................................

yang ingin versi word, silahkan download DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROGRAM EVALUASI KEPALA MI

hari ini akan saya bagikan  PR OGRAM EVALUASI KEPALA MI untuk membantu kepala Madrasah Ibtidaiyah untuk membuat 1.  RENCANA  PROGRAM EVALU...