Kop Sekolah
1. Nama
Madrasah : .................................................
2. Nama
Guru : .................................................
3. Mapel : .................................................
4. Kelas/Smt : .................................................
5. Tahun
Pelajaran : .................................................
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Apersepsi dan
Motivasi
|
||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|||
2
|
Mengajukan
pertanyaan menantang.
|
|||
3
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran.
|
|||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait
dengan tema.
|
|||
Penyampaian Kompetensi dan
Rencana Kegiatan
|
||||
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|||
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Penguasaan Materi Pelajaran
|
||||
1
|
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|||
2
|
Kemampuan mengkaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|||
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|||
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
|
||||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang
akan dicapai.
|
|||
2
|
Menfasilitasi
kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
|||
3
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut.
|
|||
4
|
Menguasai kelas.
|
|||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual.
|
|||
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect).
|
|||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu
yang direncanakan.
|
|||
Penerapan Pendekatan scientific
|
||||
1
|
Memberikan
pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|||
2
|
Memancing
peserta didik untuk bertanya.
|
|||
3
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencoba.
|
|||
4
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati.
|
|||
5
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk menganalisis.
|
|||
6
|
Memberikan
pertanyaan peserta didik untuk menalar
(proses berpikir
yang logis dan sistematis).
|
|||
7
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|||
Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu
|
||||
1
|
Menyajikan
pembelajaran sesuai tema.
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Menyajikan
pembelajaran dengan memadukan berbagai mata pelajaran dalam satu PBM meliputi
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni
Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Menyajikan
pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Menyajikan
pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.
|
-
|
-
|
-
|
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media
dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
|
|||
3
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|||
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
5
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|||
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui
interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|||
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
|
|||
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
|
|||
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|||
5
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam
belajar.
|
|||
Penggunaan Bahasa yang Benar dan
Tepat dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|||
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|||
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
||||
1
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|||
2
|
Memberihan tes
lisan atau tulisan .
|
|||
3
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio.
|
|||
4
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan.
|
|||
Jumlah
|
-
|
Nilai =
|
Skor yang
diperoleh
|
X 100% =
|
..............
|
X 100%
|
= .........=............
|
40
|
40
|
....
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik (
AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Cukup (C)
|
70 < C
≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Kepala
Madrasah
........................................
NIP.................................
|
Guru
Mata Pelajaran
.......................................
NIP................................
|
Pengawas Madrasah
........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar